Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Metakognitif Lingkungan Siswa/Tina
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif dan self-efficacy terhadap kemampuan metakognitif lingkungan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling pada populasi siswa SMK Tunas Markatin. Uji-t dan one-way ANOVA digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Data penelitian diperoleh dari hasil uji kemampuan metakognitif lingkungan siswa kelasX sebanyak 56 siswa dari masing-masing kelompok pada materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran khususnya strategi metakognitif dan self-efficacy berpengaruh terhadap pembentukan kemampuan metakognitif lingkungan siswa dalam materi pencemaran lingkungan mata pelajaran IPA. Strategi pembelajaran metakognitif yang tepat berhubungan dengan tinggi atau rendahnya self-efficacy siswa. Dalam meningkatkan kemampuan metakognitif lingkungan, siswa yang memiliki self-efficacy tinggi akan lebih cocok diterapkan dengan strategi metakognitif pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan metakognitif lingkungannya. Sedangkan, siswa yang memiliki self-efficacy rendah akan lebih cocok diterapkan dengan strategi metakognitif mengulang. Kata kunci : strategi pembelajaran, self-efficacy, kemampuan metakogntif lingkungan
Availability
T0334 | PL/ts T0334 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PL/ts T0334
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2019 |
Collation |
xviii, 155 hlm.: Ilus ;29 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available