No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Metakognitif Lingkungan Siswa/Tina



Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif dan self-efficacy terhadap kemampuan metakognitif lingkungan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling pada populasi siswa SMK Tunas Markatin. Uji-t dan one-way ANOVA digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Data penelitian diperoleh dari hasil uji kemampuan metakognitif lingkungan siswa kelasX sebanyak 56 siswa dari masing-masing kelompok pada materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran khususnya strategi metakognitif dan self-efficacy berpengaruh terhadap pembentukan kemampuan metakognitif lingkungan siswa dalam materi pencemaran lingkungan mata pelajaran IPA. Strategi pembelajaran metakognitif yang tepat berhubungan dengan tinggi atau rendahnya self-efficacy siswa. Dalam meningkatkan kemampuan metakognitif lingkungan, siswa yang memiliki self-efficacy tinggi akan lebih cocok diterapkan dengan strategi metakognitif pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan metakognitif lingkungannya. Sedangkan, siswa yang memiliki self-efficacy rendah akan lebih cocok diterapkan dengan strategi metakognitif mengulang. Kata kunci : strategi pembelajaran, self-efficacy, kemampuan metakogntif lingkungan


Availability

T0334PL/ts T0334Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PL/ts T0334
Publisher Prodi Magister Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xviii, 155 hlm.: Ilus ;29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this