No image available for this title

Text

Hubungan Penggunaan Media Sosial dan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta dan Bogor / Tiomas Redia Gultom



Siswa SMA Budi Mulia adalah generasi yang lahir antara tahun 2000an. Dimana orang yang lahir antara tahun tersebut, sejak lahir sudah sangat akrab dengan teknologi. Merekamenghabiskan hampir seluruh waktu dan aktivitas mereka terkoneksi dengan gawai dan media sosial. Demikian pula dalam pembelajaran, generasi ini menjadikan gawai dan media sosial sebagai salah satu sarana pembelajaran terutama dalam memenuhi kebutuhan akanbahan bacaan yang mendukung untuk mengembangkan keterampilan membaca intensif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan dua variabel atau lebih. Dalam hal ini tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana hubungan penggunaan media sosial dan berpikir kritis terhadap keterampilan membaca intensif. Berdasarkan analisis regresi nilai korelasi (Young),dimana variabel Y terhadap X1= 0.829 dan Y terhadap X2 = 0.720, yang berarti adanya hubungan substansial atau sangat kuat antara kedua variabel tersebut. Dengan kata lain, variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap variabel Y. Sedangkan untuk analisis korelasi menurut (Durbin Watson) nilai 0,717 dalam kolom R menunjukkan bahwa hubungan diantara kedua variabel tersebut sangat kuat. Kolom Adjusted R Square sebesar 0,714 berarti bahwa 71% dari variabel kemampuan membaca intensif dipengaruhioleh variabel prediktor, yaitu variabel penggunaan media sosialdan keterampilan berpikir kritis. Terakhir adalah analisis faktor untuk melihat komponen yang paling dominan. Dalam hal ini terdapat 15 komponen yang dominan dalam penelitian ini. Kata kunci: Media sosial, berpikir kritis, keterampilan membaca intensif


Availability

T0203PB/ts T0203Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PB/ts T0203
Publisher Prodi Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xviii, 148 hlm, ;Ilus : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this