No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Terahadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 6 Bandar Lampung/Adi Wiranata



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan
motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 6 Bandar
Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode eksperimen desain treatmen by level 2x2. Populasi terdiri dari
seluruh siswa kelas XI IPS. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan XI
IPS 3 dengan jumlah 56 siswa. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah
tes pilihan ganda dan yang digunakan untuk motivasi belajar adalah kuesioner. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diberikan model
pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari siswa yang diberikan model pembelajaran
konvensional (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi
belajar (3) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri dan
memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang diberikan model
pembelajaran konvensional dan memiliki motivasi belajar tinggi (4) hasil belajar
sejarah siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri dan memiliki motivasi
belajar rendah lebih rendah dari siswa yang diberikan model pembelajaran
konvensional dan memiliki motivasi belajar rendah.
Kata Kunci: hasil belajar sejarah, model pembelajaran inkuiri, motivasi belajar


Availability

T0444PS/ts T0444Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T0444
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xv, 212 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this