No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMPN 99 Jakarta / Delia Paramita



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament, Number Head Together terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas IX di SMPN 99 Jakarta yang berlokasi di Jalan Sirap, Kayu Putih, JakartaTimur pada tahun akademik 2018 / 2019. Subjek penelitian ini terdiri dari 60 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelas (N = 30 untuk kelas TGT dan N = 30 untuk kelasNHT. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimenta l dan desain faktorial 2X2. Temuan menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks cerpen siswa dengan TGT lebih tinggi daripada mereka yang belajar dengan NHT. Hal tersebut dibuktikan dengan signifikansi untuk model pembelajaran 0,000 < 0,05 makaHo ditolakdan H1 diterima. Kedua,kemampuan berpikir kreatif berpengaruh pada kemampuan menulis teks cerpen siswa, dengan sig untuk model pembelajaran 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Ketiga, terdapat interaksi yang sangat signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif, 0,039 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa Team Games Tournament sangat berpengaruh secara signifikan dibandingkan Number Head Together terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelasIX.Kata kunci: Team Games Tournament, Number Head Together, Kemampuan Menulis Teks Cerpen


Availability

T0240PB/ts T0240Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PB/ts T0240
Publisher Prodi Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvi, 183 hlm,; Ilus : 29, 5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PB/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this