Record Detail
Advanced SearchText
Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Kegiatan Tari Saman : Penelitian Tindakan pada Anak Kelas 2 SD Negeri 1 Kota Rikit Gaib, Gayo Lues, Provinsi Aceh / Mulya Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi kegiatan tari saman untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelas dua SD Negeri 1 Rikit Gaib. Penelitian inimenggunakan penelitian tindakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah anak laki-laki kelas Dua SD 01 Rikit Gaib sejumlah 11 anak. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, siklus pertama sejumlah delapan kali pertemuan dan siklus yang kedua sebanyak empat kali pertemuan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif untuk membandingkan hasil pada siklus pertama dan siklus kedua. Kemudian Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan sosial melalaui kegiatan tari saman meningkat dengan baik. Hal ini terlihat dari keberhasilan setiap siklus penelitian, yang mana hasil perolehan pada pra siklus 48%, siklus I 65,7% dan Pada siklus II keterampilan sosial mencapai persentase 81%. Dari hasil yang ditemukan implikasi penelitian ini adalah kegiatan tari saman dapat dijadikan salah satu alternatif pendekatan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak. Kata kunci: Keterampilan Sosial, Tari Saman, Penelitian Tindakan
Availability
T0513 | PAUD/ts T0513 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/ts T0513
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2019 |
Collation |
xv, 204+... hlm; Ilus 29 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available