No image available for this title

Text

Instrumen Penilaian Kemampuan Penalaran Proporsional Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Awal : Penelitian Pengembangan pada Mahasiswa Strata Satu PGSD dalam Mata Kuliah Konsep Dasar Biologi di Universitas Negeri Jakarta Tahun 2017/2018 / Rahmi Tasty Rosandi



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional mahasiswa calon guru kelas awal sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan instrumen dengan model yang diadaptasi dari Djaali, yang meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan indicator, membuat kisi-kisi instrumen, validasi, uji coba instrumen di lapangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD yang dilakukan sebanyak tiga tahap ujicoba, yaitu ijo coba pertama sebanyak 10 orang mahasiswa, uji coba kedua sebanyak 15 orang mahasiswa, dan uji coba ketiga sebanyak 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan uji coba yang telah dilakukan serta dilihat dari tingkat kesukaran, reliabel dan kevalidan soal, maka diperoleh hasil akhir dari penggunaan instrumen penilaian sebesar 64,79%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan menunjukkan interpretasi yang baik dan layak untuk diimplementasikan sebagai alat penilaian untuk mengukur kemampuan penalaran proporsional.Kata kunci: kemampuan proporsional, penilaian, penelitian pengembangan instrumen.


Availability

T0541PAUD/ts T0541Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0541
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : .,
Collation
v, 153+...hlm.: 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this