No image available for this title

Text

Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Kognitis Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan : Penelitian Eksperimen pada Anak Kelompok B Kecamatan Kedaton Bandar Lampung /Putri Rahmatika



Pendidikan terkait dengan proses pembelajaran dimana pelaksanannya di dalam kelas dimana adanya interaksi antara guru dan murid, guru memberikan stimulasi pada anak usia dini untuk mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran mind map dan bercerita serta gaya kognitif independentdan dependentterhadap kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2 dengan melibatkan 50 orang sampel. Penelitian ini menggunakan randomisasi untuk menentukan subjek penelitian untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis varian anava dua jalur. Hasil penelitian diperoleh bahwa perbedaan kemampuan membaca permulaan dengan metode mind mapdan metode bercerita didapat Fhitung13,655dengan Ftabel4,15. Perbedaan kemampuan membaca yang memiliki gaya kognitif independentdan dependentdidapat Fhitung10,298 dengan Ftabel4,15. Selanjutnya interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca permulaan diperoleh skor Fhitung96,463 dengan Ftabel4,15. Kemudian kemampuan membaca anak dengan metode mind map gaya kognitif independent dengan metode bercerita gaya independent diperoleh Fhitung15,444 dan p-value(sig) 0.000. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan kemudian terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran dan gaya kognitif dalam menentukan kemampuan membaca permulaaan. Kata Kunci : metode pembelajaran, gaya kognitif, membaca permulaan.


Availability

T0515PAUD/ts T0515Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0515
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 237 hlm.; Ilus : 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this