No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Self Efficacy Belief terhadap Kemapuan Penalaran IPA Siswa SD Kelas IV SDI Sinar Cendekia Serpong / Annisa Nurul Aini P



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran CPS (Creative Problem Solving)dan strategi pembelajaran Problem Solvingditinjau dari self efficacy beliefsiswa terhadap kemampuan penalaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDI Sinar Cendekia Kec. Serpong Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan rancangan Eksperimen Faktorial Treatment by Level 2x2. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiannya adalah: Secara umum, pada pembelajaran sains strategi pembelajaran creative problem solvinglebih efektif dibandingkan dengan strategi pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan penalaran. Siswa yang memiliki self efficacy belief tinggi tentunya lebih berani dalam mengungkapkan pendapat, berani dalam mengambil keputusan, dan tidak selalu bergantung pada orang lain. Sikap tersebut memancing daya nalar siswa dalam menyelesaikan tugas dan masalahnya dengan penuh percaya diri. Sehingga, terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan self efficacy beliefyang dimiliki siswa dalam meningkatkan kemampuan penalaran pada mata pelajaran IPA. Kata Kunci: Strategi pembelajaran creative problem solving, strategi pembelajaran problem solving, self efficacy belief, kemampuan penalaran


Availability

T0294PD/ts T0294Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0294
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 192 hlm,; Ilus : 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this