No image available for this title

Text

Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia 4-6 Tahun yang Diasuh oleh Kakek dan Nenek : Studi Kasus Anak Usia 4-6 Tahun di Kabupaten Ngada_NTT /Yasinta Maria Fono



Penelitian ini bertujuan untuk mendalami kemandirian dan kedisplinan anak usia 4-6 tahun yang diasuh oleh kakek dan nenek. Adapun hal-hal yang teramati : (1) Bentuk pengasuhan kakek dan nenek (grandparents) dalam menanamkan kemandirian dan kedisiplinan anak usia 4-6 tahun di Desa Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Propinsi NTT (2)Peran kakek dan nenek (grandparents) dalam menanamkan kemandirian dan kedisplinan pada anak usia 4-6 tahun di Desa Malanuza Kecamatan Golewa kabupaten Ngada Propinsi NTT (3) proses pembentukan kemandirian dan kedisiplinan pada anak usia 4-6 tahun (4) Pola asuh budaya setempat dalam menanamkan kemandirian dan kedisplinan anak usia 4-6 tahun di kampung Lodo desa Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Campbell. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian dan kedisplinan pada anak usia 4-6 tahun di dibentuk oleh pengasuhan kakek dan nenek(grandparents). Kakek dan nenek menanamkan sikap mandiri dan disiplin kepada anak melalui habitual dan learning process. Kakek dan nenek (grandparents) membiasakan anak melakukan aktivitas sehari-harinya sendiri seperti makan, mandi, merapihkan tempat tidur, memakai seragam, dan kesekolahpun sendiri selain itu kakek dan nenek memberikan jadwal aktivitas harian dirumah seperti angkat air, sapu rumah dan cuci piring. Kakek dan nenek juga membuat aturan lisan bagi anak. Kakek dan nenek menjadi model utama bagi anak, sehingga anak belajar dari apa yang mereka lihat. Kemandirian dan kedsiplinan anak juga terjadi melalui local wisdom dalam culture. Pola asuh budaya mempengaruhi perilaku mandiri dan disiplin anak. Kesimpulannya bahwa anak yang mandiri dan disiplin tidak bisa terbentuk sendiri atau tidak terjadi begitu saja tanpa adanya stimulasi dari orang tua maupun lingkungan sekitarnya.
Kata kunci : kemandirian, kedisiplinan, parenting, kakek dan nenek


Availability

T0454PAUD/ts FON 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0454
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xxii, 227 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this