Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia 4-6 Tahun yang Diasuh oleh Kakek dan Nenek : Studi Kasus Anak Usia 4-6 Tahun di Kabupaten Ngada_NTT /Yasinta Maria Fono

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami kemandirian dan kedisplinan anak usia 4-6 tahun yang diasuh oleh kakek dan nenek. Adapun hal-hal yang teramati : (1) Bentuk pengasuhan kakek dan nenek (grandparents) dalam menanamkan kemandirian dan kedisiplinan anak usia 4-6 tahun di Desa Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Propinsi NTT (2)Peran kakek dan nenek (grandparents) dalam menanamkan kemandirian dan kedisplinan pada anak usia 4-6 tahun di Desa Malanuza Kecamatan Golewa kabupaten Ngada Propinsi NTT (3) proses pembentukan kemandirian dan kedisiplinan pada anak usia 4-6 tahun (4) Pola asuh budaya setempat dalam menanamkan kemandirian dan kedisplinan anak usia 4-6 tahun di kampung Lodo desa Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Campbell. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian dan kedisplinan pada anak usia 4-6 tahun di dibentuk oleh pengasuhan kakek dan nenek(grandparents). Kakek dan nenek menanamkan sikap mandiri dan disiplin kepada anak melalui habitual dan learning process. Kakek dan nenek (grandparents) membiasakan anak melakukan aktivitas sehari-harinya sendiri seperti makan, mandi, merapihkan tempat tidur, memakai seragam, dan kesekolahpun sendiri selain itu kakek dan nenek memberikan jadwal aktivitas harian dirumah seperti angkat air, sapu rumah dan cuci piring. Kakek dan nenek juga membuat aturan lisan bagi anak. Kakek dan nenek menjadi model utama bagi anak, sehingga anak belajar dari apa yang mereka lihat. Kemandirian dan kedsiplinan anak juga terjadi melalui local wisdom dalam culture. Pola asuh budaya mempengaruhi perilaku mandiri dan disiplin anak. Kesimpulannya bahwa anak yang mandiri dan disiplin tidak bisa terbentuk sendiri atau tidak terjadi begitu saja tanpa adanya stimulasi dari orang tua maupun lingkungan sekitarnya.
Kata kunci : kemandirian, kedisiplinan, parenting, kakek dan nenek
Availability
T0454PAUD/ts FON 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PAUD/ts T0454

Publisher

Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xxii, 227 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PAUD/ts

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.