No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Pendekatan Saintifik : (Penelitian Action Research Pada Kelompok B Di TK Pertiwi 3 Kecamatan Ilir II Palembang Sumatra Selatan)/Herina Yunita



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis anak kelas B2
di TK Pertiwi dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Pertiwi 3 kota Palembang yang berjumlah
tujuh belas orang anak. Teknik 3 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu
penelitian tindakan kelas yang pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan deskriftif kualitatif. Berdasarkan data yang
diperoleh presentase keampuan berfikir kritis anak pada pra siklus berada pada rata-rata
presentase sekitar 50 %. Pada siklus I hanya 3 orang dari 17 anak yang mencapai skor
presentase minimal, dapat dikatakan hanya seperempat anak yang mencapai nilai TCP
yang di tetapkan sebesar 75%. Pada siklus II terlihat adanya peningkatan kemampuan
berfikir kritis anak dengan skor keseluruhan rata-rata 85,42%, Dapat dikatakan hampir
setengah anak di kelas B2 kemampuan berfikir kritinya meningkat. Hal ini terlihat ari t
adanya peningkatan kemampuan berfkir kritis anak pada tiap siklusnya mulai dari pra
siklus, siklu I, dan siklus II.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifics, Berfiki Kritis, Anak Usia Dini


Availability

T0465PAUD/ts T0465Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0465
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 247 hlm.: Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this