No image available for this title

Text

Pengaruh Permainan Kooperatif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Regulasi Emosi Anak TK B : Studi Eksperimen Pada Anak TK Kelompok B di Kecamatan Pamulang, Provinsi Banten Tahun 2019/ Tisya Permata Sari



Tindakan-tindakan negatif yang terjadi saat ini sangat berhubungan dengan kemampuan regulasi emosi seseorang. Untuk itu menanamkan kemampuan regulasi emosi sebaiknya dipersiapkan sejak dini. Kecerdasan interpersonal anak seperti membangun, menjalin hubungan serta mempertahankan hubungan sosialnya akan memudahkannya dalam mengenal jenis emosi yang berdampak terhadap regulasi anak. Untuk itu permainan kooperatif menjadi permainan yang baik dilakukan dalam meningkatkan regulasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana pengaruh permainan kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap regulasi emosi. Data penelitian observasi diuji menggunakan uji nomalitas dan uji homogenitas yang dilanjutkan uji varians (ANAVA) dua jalur serta pengujian lanjutan dengan pengujian tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data sampel tersebar secara normal dan bersifat homogen. Hasil analisis juga menunjukkan terdapatnya interaksi permainan kooperatif dan kecerdasan interpersonal terhadap regulasi berdasarkan hasil analisis varians nilai F hitung = 62,52 > F tabel= 4,08 pada taraf signifikan = 0,05. Kata Kunci: Regulasi Emosi, Kecerdasan Interpersonal, Permainan Kooperatif


Availability

T0535PAUD/ts T0535Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0535
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
vii, 249 hlm. : Ilus;29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this