No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Bercerita dengan Boneka Tangan : Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Al Kautsar 2 Kabupaten Bekasi, Tahun 2019)/Indira Damayanthi



Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan matematika pada setiap sisi kehidupan menjadikan matematika sebagai cabang ilmu yang wajib dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Pemahaman mengenai konsep bilangan menjadi salah satu dasar dalam mempelajari matematika. Pemahaman yang benar mengenai konsep bilangan akan memudahkan anak usia dini dalam menerima berbagai konsep baru pada bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui bercerita pada anak usia dini. Bercerita adalah salah satu metode yang menyenangkan dan sarat makna. Proses pemahaman sebuah konsep pada anak usia dini akan mudah diterima apabila dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Melalui bercerita, imajinasi anak akan semakin tinggi sehingga daya cipta dan nalar anak akan meningkat seiring dengan alur cerita yang disisipi pesan mengenai konsep bilangan tersebut, sehingga penggunaan metode bercerita dengan memasukkan unsur konsep bilangan pada bagian isi cerita akan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini. Observasi awal yang dilakukan pada siswa Taman kanak-kanak Al Kautsar 2 Bekasi –Indonesia, terdapat 88.9 % dari 18 siswa belum memahami konsep bilangan dengan baik.Motivasi siswa usia 4-5tahun dalam mempelajari konsep bilangan masih rendah. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan terjadi peningkatan pemahaman konsep bilangan sebanyak 95%Kata kunci : Konsep Bilangan, Bercerita, Anak Usia Dini


Availability

T0458PAUD/ts T0458Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0458
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xiv, 183 hlm : Ilus ;29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this