Record Detail
Advanced SearchText
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo di Tinjau dari Aspek Sosio Pedagogiek/ Francisca Sutiyani
Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai karakter nilai-nilai pendidikan karakter pada film adit dan sopo jarwo ditinjau dari aspek sosio pedagogiek. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode analisis konten (content analysis). Sumber data primer adalah film AditdanSopo Jarwo episode 21-24 sedangkan sumber data sekunder adalah referensi ilmiah seperti artikel relevan dan buku. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian dalam penelitian ini dalam film Adit dan Sopo Jarwo pertama, terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius, saling menghormati dan menyayangi, sopan santun, tolong menolong, disiplin, jujur, tanggung jawab, dan jujur. Kedua moral knowing, moral feeling dan moral action. Adapunmetodenya melalui ceramah dan keteladanan. Ketiga RelevansiNilai-nilai pendidikan karakter dalam film Adit dan Sopo Jarwo tercermin dalam konten dari film tersebut membawa pesan-pesan mendidik dan menunjukkan sikap peduli sosial. Keempat faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam mendidik nilai-nilai karakter dalam film tersebut adalah faktor keluarga dan masyarakatKata Kunci : Penelitian Kualitatif, Nilai-NilaiKarakter dan Sosiopedagogiek.
Availability
T0468 | PAUD/ts T0468 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PAUD/ts T0468
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2021 |
Collation |
xiii, 105 hlm.: Ilus 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PAUD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available