Record Detail
Advanced SearchText
Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Sekolah Dasar Islam AL Ikhlas/Indra Fithra Wirawan
Kasus anak berkarakter negatif berupa perundungan, kekerasan fisik, kekerasan psikis,
dan kekerasan seksual masih terjadi di lingkungan pendidikan. Sekolah melaksanakan
pendidikan karakter masih banyak menitikberatkan pada konteks pengetahuan
dibandingkan pengamalan menyebabkan siswa kesulitan membentuk karakter positif.
Pendidikan karakter di sekolah merupakan tahapan pembentukan karakter yang tidak
kalah pentingnya dari pembentukan karakter oleh orang tua di keluarga. Sekolah harus
memiliki dan menerapkan manajemen pendidikan karakter siswa untuk mencapai visi
sesuai misi dan karakteristik sekolah masing-masing. Penggunaan Indikator Kinerja
Utama (IKU) sebagai alat ukur kinerja sekolah dengan tepat dan akurat sangat membantu
pengelola sekolah untuk menyajikan keberhasilan pencapaian tujuan sekolah untuk
dipertanggungjawabkan kepada seluruh pemangku sekolah. Tujuan penelitian ini
memaparkan perencanaan, pelaksanaan dan kontrol pendidikan karakter SD Islam Al
Ikhlas untuk mewujudkan IKU sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan penelitian studi kasus di SD Islam Al Ikhlas. Hasil temuan penelitian
yaitu: (1) perencanaan pendidikan karakter dan indikator kinerja utama (IKU) selaras
dengan visi dan misi sekolah dengan melibatkan pemangku kepentingan sekolah. (2)
pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan sosialisasi, pembelajaran, pembiasaan
dan ekstrakurikuler sesuai rencana yang telah dibuat; 3) kontrol pendidikan karakter
menggunakan Indikator Kinerja Utama (IKU) meliputi kegiatan monitoring, evaluasi dan
penyampaian laporan.
Kata Kunci: alat ukur kinerja, indikator kinerja utama, manajemen pendidikan karakter,
pendidikan karakter, sd islam al ikhlas
Availability
T0703 | MP/ts T0703 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ts T0703
|
Publisher | Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xi, 97 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available