Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS/Wahyuddin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakanDesain factorial 2 x 2. Sampel terdiri dari 56 siswa. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0.05. Untuk menguji normalitas data menggunakan uji lilieforsdan uji Homogenitas menggunakan uji barlett. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model Quantum Teachinglebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositori, 2) Hasil belajar IPS siswa yang diasuh dengan pola demokratislebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang diasuh dengan pola otoriter, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa, 4) Hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model Quantum Teachingdan diasuh dengan pola demokratis lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositoridan diasuh dengan pola demokratis, 5) Hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model Quantum Teachingdan diasuh pola dengan otoriter lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositori dan diasuh dengan pola otoriter, 6) Hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model Quantum Teachingdan diasuh dengan pola demokratis lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model Quantum Teachingdan diasuh dengan pola otoriter dan 7) Hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran Eskpositoridan diasuh dengan pola demokratis lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang belajar dengan model pembelajaran Ekspositoridan diasuh dengan pola otoriter.
Kata kunci: model pembelajaran, pola asuh orang tua, hasil belajar IPS.
Availability
T0400 | TP/ts T0400 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ts T0400
|
Publisher | Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2019 |
Collation |
xiii, 234 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available