No image available for this title

Text

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Keyakinan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa/Agus Agung Permana



Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran dan Keyakinan Matematika Terhadap Hasil Belajar
Matematika Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Penelitian yang
dilakukan merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan metode quasi
eksperimen, karena keterbatasan peneliti dalam mengontrol semua variabelvariabel yang mempengaruhi jalannya penelitian serta dalam melakukan proses
pengacakan subyek penelitian secara sempurna. Desain penelitian yang digunakan
adalah desain treatment by level (2 X 2), dengan variabel terikat adalah hasil
belajar matematika siswa (Y), variabel bebas adalah pendekatan pembelajaran (A)
dan keyakinan siswa terhadap matematika (B), sedangkan sebagai kovariat adalah
kemampuan awal siswa (X). Subjek penelitian sebanyak 34 siswa/i kelas VII SMP
Negeri 15 Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Analisis data dilakukan
dengan analisis kovariat (ANCOVA) dua jalur dua jalur untuk menguji pengaruh
utama (main effect), pengaruh interaksi (interaction effect), menguji pengaruh
utama satu pihak dan pengaruh sederhana (simple effect). Hasil penelitian dengan
mengontrol kemampuan awal siswa menunjukkan: (1) hasil belajar matematika
antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran realistik lebih
tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pendekatan konvensional,
(2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keyakinan
matematika siswa, (3) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan
pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar
menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada kelompok siswa
dengan keyakinan tinggi, dan (4) hasil belajar matematika siswa yang diajar
menggunakan pendekatan pembelajaran realistik lebih rendah dibandingkan
dengan yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada
kelompok siswa dengan keyakinan rendah.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Keyakinan Matematika, Kemampuan
Awal


Availability

T0411TP/ts T0411Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0411
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
x, 229 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this