No image available for this title

Text

Implementasi Model Kirkpatrick pada Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Guru Jenjang Pendidikan Dasar/ Purnomo Hadi



Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja
Guru (Bimtek PKG) jenjang Pendidikan Dasar pada level reaksi dan level belajar
peserta. Evaluasi yang dilakukan dalam Bimbingan Teknis ini menggunakan model
Kirkpatrick yang dikembangkan oleh Donald Kirkpatrick. Teknik pengambilan
data dengan menggunakan perangkat kuesioner untuk level rekasi dan tes hasil
belajar (pretest dan posttest) untuk level belajar. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan deskriptif analisis. Responden penelitian adalah peserta Bimtek PKG
jenjang Pendidikan Dasar tahun 2019. Bimbingan Teknis Penilaian Kinerja Guru
dilaksanakan dengan tujuan memberi keterampilan kepada guru agar dapat
menggunakan perangkat Penilaian Kinerja Guru (PKG) kepada teman sejawat.
Evaluasi pada setiap level penting dilakukan untuk dapat mengetahui tingkat
efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut; (1) level
reaksi peserta menyatakan bahwa Bimtek telah dilaksanakan dengan sangat baik;
(2) pada level belajar peserta telah menguasai materi Bimtek PKG dengan sangat
baik. Disimpulkan bahwa pelaksananaan Bimtek telah dilakukan sesuai dengan
pedoman pelaksanaan dan tujuan Bimtek serta dinilai sangat baik oleh peserta. Guru
telah memiliki tingkat pemahaman sangat baik setelah mengikuti Bimbingan
Teknis Penilaian kinerja Guru. Disarankan Bimtek PKG ini dapat dilaksanakan
lebih sering dan dengan jumlah peserta yang lebih banyak sehingga pada
pelaksanaannya akan menghasilkan rasio antara guru yang dinilai dengan penilai
yang semakin kecil.
Kata kunci: Evaluasi, Bimbingan Teknis, Penilaian Kinerja Guru, Model
Kirkpatrick, Level Reaksi, Level Belajar.


Availability

T0415TP/ts T0415Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0415
Publisher : Jakarta.,
Collation
xiii, 123 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this