No image available for this title

Text

Pengembangan Video Tutorial Tari Betawi Cokek Shiu Pat Mo/ Nana Sunar Sasih



Kurangnya media pembelajaran sebagai sumber belajar di sekolah, mendorong
dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran video tutorial tari Betawi Cokek Shiu Pat Mo, sebagai sumber belajar
dalam pembelajaran seni tari pada bidang studi Seni Budaya di SMP/MTs. kelas VIII.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan
menggunakan model pengembangan Lee and Owens.
Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran Video Tutorial Tari
Betawi Cokek Shiu Pat Mo dalam format video .mp4 yang dapat dioperasikan di bawah
sistem operasi Windows, Macintosh, Android, Open Source, TV berkoneksi USB, VCD
player, atau DVD player. Produk ini disertai Buku Pedoman dan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) sebagai suplemen produk media pembelajaran.
Dalam tahap pengembangan, produk media pembelajaran ini telah diuji oleh ahli
materi dan ahli media, dengan kualifikasi “baik”. Sementara dalam tahap implementasi
dan evaluasi, produk media pembelajaran ini telah diuji oleh praktisi instruksional dan
pengguna akhir (end user), dan menunjukan bahwa video tutorial berguna dalam proses
pembelajaran praktik Tari Betawi Cokek Shiu Pat Mo pada mata pelajaran Seni Budaya
yang dibuktikan dengan peningkatan skor posttest dibandingkan dengan
skor pretest dalam asesmen pembelajaran.
Kata Kunci: Video Tutorial, Tari Cokek Shiu Pat Mo, Kesenian Betawi, Seni Budaya


Availability

T0432TP/ts T0432Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0432
Publisher : Program Magister Pendidikan Te.,
Collation
x, 251 hlm. : ilus. ; 29,5cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this