No image available for this title

Text

Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Anak pada Mata Pelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep Bilangan pada Anak Usia 6-7 Tahun : Studi eksperimen pada anak kelas I SDN di Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan / Eva Roliana



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari dua variabel bebas, yaitu Metode Pembelajaran Proyek dan Metode Number Head Together (NHT), serta variabel moderator yaitu sikap anakpada mata pelajaran matematika terhadap pemahaman konsep bilangan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara faktor metode Proyek dan metode NHT (A) dan sikap anakpada matematika (B) terhadap pemahaman konsep bilangan pada anak usia 6-7 tahun di SDN JurangMangu Timur 01 dan SDN JurangMangu Timur 02 Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 60 orang anak kelas 1,30 orang anakdi SDN JurangMangu Timur 01 dan 30 orang anak di SDN JurangMangu Timur 02. Data pemahaman konsep bilangan diperoleh dari tes pilihan ganda. Sedangkan, data penelitian mengenai sikap anak diperoleh melaluiangket. Analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik inferensial. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji Analisis Varian (Anava) dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada anak yang diberi perlakuan metode Proyek sebesar 12,13 sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada anak yang diberi perlakuan metode NHT sebesar 10,83. Sementara itu, pemahaman konsep bilangan pada anak yang memiliki sikap positif pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata sebesar 13,38 sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep bilangan pada anak yang memiliki sikap negatif sebesar 9,58. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap pemahaman konsep bilangan dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan sikap anakpada mata pelajaran matematika terhadap pemahaman konsep bilangan pada anak usia 6-7 tahun.Kata Kunci: Metode Proyek, Metode Number Head Together,Sikap Belajar Anak, Pemahaman Konsep Bilangan, Anak Usia Dini.


Availability

T0538PAUD/ts T0538Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0538
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xxi, 193 hlm. : Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this