No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Kolaboratif Menulis Akademik Bahasa Inggris : Penelitian pengembangan di Univeristas Khairun, Ternate / ADE ISMAIL



Tujuan penelitian ini ialah mengahasilkan model pembelajaran kolaboratif menulis akademik bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan sejak Maret 2018 hingga Februari 2020 di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Khairun, Ternate melibatkan 135 mahasiswa dan 5 dosen sebagai partisipan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari kuesioner dan panduan wawancara. Data wawancara dan kuesioner dianlisis secara kualitatif sementara data tulisan akademik mahasiswa dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif menulis akademik memerlukan peran aktif mahasiswa dalam membangun kerjasama selama proses belajar mengajar. Disain model ini membangun interaksi antarmahasiswa selama pembelajaran. Mahasiswa diberikan peran utama sebagai subjek belajar. Selain mendorong kerjasama dalam belajar, model ini memiliki dampak penting terhadap keterampilan menulis akademik mahasiswa dalam mengorganisasi ide, mengembangkan paragraf dan menulis akademik. Memberikan pengalaman langsung tentang praktik menulis secara berkolaborasi. Fase penugasan (pre-task, during-task, post-task) menggiatkan mahasiswa untuk berdiskusi dan mengkonstruksi pemahamannya dengan tetap mengutamakan keseimbangan peran antar mahasiswa. Ujiefektivitas menunjukkan bahwa model ini dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis akademik bahasa Inggris sebagaimana diuraikan dalam hipotesis alternatif. Hal ini dapat dilihat pada data Uji Mann-Whitney, di mana nilai signifikansi (Sig) berada pada angka .000. atau lebih kecil dari 0.05. Data tersebut menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara penggunaan Model Kolaboratif Menulis Akademik Bahasa Inggris dengan model penugasan berbasis individu dan metode ceramah, sekaligus menerima hipotesis alternatif. Oleh karena itu direkomendasikan untuk digunakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan institusi lainnya yang memiliki program pembelajaran menulis akademik. Kata Kunci:model pembelajaran, pembelajaran kolaboratif, menulis akademik, menulis kolaboratif.


Availability

D0468LT/ds D0468Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0468
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 333 hlm.: 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this