No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif IOC (Inside, Outside, Circle) Menggunakan Big Book Bagi Anak Usia 3-4 Tahun/ Uswatun Khasanah



Tujuan penelitian iniuntuk mengembangkan model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia 3-4 tahundengan strategi pembelajaran IOC. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R and D)dari Borg and Gall yang dikolaborasikan denganStep of System Approach Model of Educational Research and DevelopmentDick and Carey dan model pengembangan Lee & Owen. Dalam penelitian ini telah dilakukan evaluasi formatif.Evaluasi dengan para pakar(materi, design instruksional, media dan bahasa), diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran keterampilan berbicara sangat baik dengan nilai rata-rata 4.32, evaluasi ono-to-onedengan 3 peserta didik mendapat skor nilai 3.92, hasil kesimpulan model pembelajaran layak digunakan, evaluasi small groupdengan 8 peserta didik mendapat hasil nilai rata-rata 3.86 berarti model pembelajaran layak digunakan, dan evaluasi Field Trial(uji coba lapangan) dengan 15 peserta didik dihasilkan nilai rata-rata 4.47,sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia 3-4 tahun dengan strategi pembelajaran IOC sangat baik. Hasil uji efektivitas terhadap model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia 3-4 tahun dilakukan kepada anak dengan tes kinerja sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan strategi pembelajaran IOC (Inside, Outside, Circle)menggunakan Big Bookyang hasilnya terdapat kenaikan sebesar 0.96 %.Dari hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 3.51 dan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 4.47, ini berarti terjadi peningkatan pada pengembangan keterampilan berbicara anak usai 3-4 tahun. Dari hasil kenaikan tersebut dapat disimpulkanbahwa pendekatan strategi pembelajaran IOC dengan menggunakan media Big Bookdapat meningkatkan pengembangan keterampilan berbicara dengan karakteristikdan indikator yang dikembangkan adalah 1) mengucapkan kata atau bunyi kata; 2) mengekspresikan ide atau gagasan; 3) mengungkapkan perasaan; 4) merubah nada, intonasi (tekanan suara) dalam memproduksi kata; 5) menerima dan menyampaikan informasi.Kata Kunci : Model pembelajaran, keterampilan berbicara, strategi pembelajarankooperatif IOC, media Big Book.


Availability

D0470TP/ds D0470Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0470
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 563 hlm. : Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this