No image available for this title

Text

Pengembangan Tari Kreasi Zapin untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun / Hestilia Oktama Yurita



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis tari kreasiZapindalammeningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun. Studi ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik minat anak sehingga menimbulkan rendahnya kecerdasan kinestetik pada anak. Dalam mengembangkan media pembelajaran gerak tari kreasi menggunakan tahap pengembangan berdasarkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementationdan Evaluation). Uji kelayakan dilakukan oleh 2 validator yakni ahli tari dan ahli PAUD. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Tanggamus yang terdiri dari 20 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Ujiefektivitas media dilakukan dengan metodeone-group pretest-posttest.Dari hasil uji efektivitas dapat disimpulkan bahwa tari kreasi yang dikembangkan dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari aspek koordinasi seluruh badan, keseimbangan, kelincahan dan fleksibelitas pada anak yang telah melaksanakan pembelajaran gerak tari kreasi menggunakan media yang dikembangkan. Kata Kunci: kecerdasan kinestetik, gerak tari kreasi, Anak Usia Dini


Availability

T0603PAUD/ts T0603Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0603
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xix, 145 hlm.: Ilus ; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this