Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Kemandirian Belajar dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri Singkawang / Rizqi Alghofiqi
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirianbelajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP NegeriSingkawang. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMPN di kotaSingkawang Provinsi Kalimantan Barat. Waktu penelitian dilaksanakan padasemester I (ganjil) tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metodekuantitatif dengan teknik survei dan pendekatan regresi digunakan untukmengolah data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknikkomunikasi tidak langsung untuk data kemandirian belajar serta gaya kognitif dandokumentasi untuk data hasil belajar IPS siswa. Adapun untuk mengetahuipengaruh kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa akandigunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi ganda dengan menggunakankomputerisasi program SPSS 16.0. Dengan menggunakan SPSS ini makadiperoleh hasil analisis data yang menyatakan terdapat pengaruh antarakemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,765(R) dengan R Square 0,575 yang dideterminasikan dengan rumus KD = R2x100% (KD = 0,575 x 100%) menjadi 57,5%, sedangkan 42,5%nya dipengaruhifaktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dan dalam penelitian inididapat tingkat hubungan dinyatakan cukup.Kata Kunci:Kemandirian belajar, Gaya kognitif, Hasil belajar IPS
Availability
T0606 | PD/ts T0606 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0606
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xx, 125 hlm.: Ilus ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available