Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA :Penelitian eksperimen di SMP Taruna Terpadu Bogor / UMI FATONAH
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang berkaitan dengan pengaruhstrategi pembelajarandanmotivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Strategi pembelajaran (A) terdiri dari kelompok yang diberi perlakuanstrategi Inquiryterbimbing (A1) sebagai kelas eksperimen, dan strategi ekspository interaktif (A2) sebagai kelas kontrol. Sedangkan motivasi belajar (B) terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok motivasi belajar tinggi(B1) dan kelompok motivasi belajar rendah(B2). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level2x2 di SMP Taruna Terpadu Bogor, dengan sampel penelitian sebanyak 32 peserta didik. Analisis data menggunakan varians (ANAVA) dua jalurdan uji Tukey.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPApeserta didik yang dibelajarkan menggunakanstrategi pembelajaran inquiryterbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar IPApeserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakanstrategi expository interaktif, (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (3)hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggiyang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi ekspositori interaktif, (4) hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inquiryterbimbing lebih rendah dari yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran expositoryinteraktif.Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Strategi Inquiriterbimbing, Strategi expositori interaktif
Availability
D0502 | TP/ds D0502 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D0502
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xiii, 432 hlm. : Ilus ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available