No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA :Penelitian eksperimen di SMP Taruna Terpadu Bogor / UMI FATONAH



Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang berkaitan dengan pengaruhstrategi pembelajarandanmotivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Strategi pembelajaran (A) terdiri dari kelompok yang diberi perlakuanstrategi Inquiryterbimbing (A1) sebagai kelas eksperimen, dan strategi ekspository interaktif (A2) sebagai kelas kontrol. Sedangkan motivasi belajar (B) terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok motivasi belajar tinggi(B1) dan kelompok motivasi belajar rendah(B2). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level2x2 di SMP Taruna Terpadu Bogor, dengan sampel penelitian sebanyak 32 peserta didik. Analisis data menggunakan varians (ANAVA) dua jalurdan uji Tukey.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPApeserta didik yang dibelajarkan menggunakanstrategi pembelajaran inquiryterbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar IPApeserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakanstrategi expository interaktif, (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (3)hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggiyang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi ekspositori interaktif, (4) hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inquiryterbimbing lebih rendah dari yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran expositoryinteraktif.Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Strategi Inquiriterbimbing, Strategi expositori interaktif


Availability

D0502TP/ds D0502Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0502
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 432 hlm. : Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this