Record Detail
Advanced SearchText
Modeul Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Artikel Jurnal Nasional : Srudi R & D pada mahasiswa S1 PGMI FITK UIN Jakarta / LU'LUIL MAKNUN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses/prosedur penyusunan modul, (2) kelayakan modul, (3) efektivitas penggunaan modul yang dapat meningkatkan keterampilan menulis artikel jurnal nasional bagi mahasiswa PGMI. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan mengadopsi model pengembangan dari Derek Rowntree. Berdasarkan teori tersebut, pengembangan modul ini memiliki tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Validasi modul dilakukan melalui expert judgement. Sampel penelitian ini adalah 30 mahasiswa semester III yang mengikuti mata kuliah Komposisi Bahasa tahun Akademik 2019/2020. Uji coba modul dilakukan melalui uji face to face, pre test dan post test. Data penelitian menunjukkan bahwa (1) tahapan proses/prosedur penyusunan modul telah menghasilkan modul penulisan artikel jurnal berisi kegiatan belajar 1 dengan materi Topik dan kegiatan belajar 2 dengan materi LATANSA (Literature Research, Abstract, Thesis, All Reference, Need a template, Submit, Announcement). (2) Berdasarkan uji validitas, respon mahasiswa dan hasil wawancara dengan dosen pengampu, diketahui bahwa modul ini layak digunakan dalam pembelajaran menulis artikel (nilai pada aspek bahasa 3,50, pada aspek materi 3,44 dan pada aspek desain 3,50). Artinya modul ini sangat baik (3) berdasarkan perbandingan hasil uji pre test dan posttest diketahui bahwa modul ini efektif digunakan dalam pembelajaran menulis artikel dengan nilai pre test 53,87 dan post test 81,40. Kesimpulannya, modul penulisan artikel jurnal nasional bagi mahasiswa PGMI layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kontribusi dari penelitian ini adalah menghasilkan modul yang dapat menjadi panduan dalam pembelajaran menulis artikel jurnal. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah jumlah sampel yang terbatas dan instrument expert judgement hanya menggunakan instrument pengembangan modul yang sudah ada. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya adalah apakah modul ini efektif digunakan dalam workshop penulisan artikel jurnal bagi guru-guru Madrasah Ibtidaiyah. Kata kunci: Modul, Artikel, Jurnal
Availability
D0497 | PD/ds D0497 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ds D0497
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xiii, 374 hlm.: Ilus ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ds
|
Content Type |
-
|
Other version/related
No other version available