Record Detail
Advanced SearchText
Analisis Penerapan Metode Dialogic Reading dalam Mengembangkan Sikap Empati Anak Sekolah Dasar/ Dwi Septiani
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode dialogic reading
dalam mengembangkan sikap empati anak sekolah dasar. Jenis Penelitian yang
digunakan adalah penelitian studi literature. Literatur yang digunakan dalam
penelitian ini adalah jurnal dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2020 dan berkaitan
dialogic reading dan sikap empati anak sekolah dasar. Hasil dari analisis jurnal
yaitu metode dialogic reading dapat mengembangkan sikap empati anak sekolah
dasar. Pembacaan buku cerita yang menggunakan metode dialogic reading dapat
memfasilitasi anak dalam mengembangkan sikap empati anak sekolah dasar. Aspek
empati yang dapat dikembangkan melalui metode dialogic reading tidak hanya
mencangkup aspek empati kognitif tetapi juga mencangkup aspek empati afektif
anak sekolah dasar. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah penelitian ini hanya
sebatas menganalisis, namun peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan
menerapkan metode dialogic reading dalam pengembangan sikap empati anak
sekolah dasar dan di klasifikasi berdasarkan tingkatan kelas pada anak sekolah
dasar. Penelitian selanjutnya yang mungkin dapat dilakukan adalah mengeksplor
metode dialogic reading dalam mengembangkan literasi, menumbuhkan minat
membaca anak dalam menumbuhkan minat membaca anak, pemahaman membaca,
dan kemampuan dalam mengaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: dialogic reading, empati, anak sekolah dasar
Availability
T0634 | PD/ts T0634 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0634
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xxi, 130 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available