No image available for this title

Text

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Berwawasan Lingkungan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Systematic Literature Review)/ Esti Mutia Hayati



Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA disebabkan oleh kurangnya kesempatan siswa untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir kritisnya dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Salah satu cara untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis siswa adalah melalui model dan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain systematic literature review. Data penelitian ini adalah artikel-artikel ilmiah yang relevan dengan tema yang sama dengan penelitian ini. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, sintesis temuan, dan kesimpulan. Analisis terhadap artikel ilmiah yang relevan menghasilkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA yang dilakukan dengan pembelajaran kooperatif seperti permainan atau role playing, Jigsaw, TGT, STAD, dan belajar bersama. Artikel-artikel ilmiah sebelumnya yang relevan ini juga berdampak pada konstruktivisme pribadi dan konstruktivisme sosial siswa untuk membangun pengetahuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, kemampuan berpikir kritis, sains


Availability

T0636PD/ts T0636Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0636
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 110 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this