No image available for this title

Text

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Melalui Pendekatan Steam di Sekolah Dasar (Studi Literatur)/ Ni Ketut Resi Yuliari



Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi literatur terhadap keterampilan
berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) melalui pendekatan
pembelajaran STEAM di sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan memberikan
gambaran bagaimana menerapkan pendekatan STEAM sehingga keterampilan
berpikir tingkat tinggi siswa dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian studi literatur.Literatur yang digunakan dalam penelitian ini
adalah jurnal dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2020 dan berkaitan STEAM dan
higher order thinking skills siswa sekolah dasar. Metodologi dalam penelitian ini
adalah kualitatif dan dianalisa dengan analisa Miles dan Hubberman. Analisa
dilakukan dengan mencari literatur yang sesuai dengan kata kunci yang dicari
dalam penelitian ini. Hasil dari analisis jurnal yaitu keterampilan berpikir tingkat
tinggi dapat meningkat melalui pendekatan STEAM siswa sekolah dasar.
Pendekatan STEAM menjadikan siswa bertanya seperti ilmuwan, mendesain
seperti seseorang yang ahli teknologi, membangun seperti seorang insiyur,
membuat seperti seorang seniman, dan menyimpulkan seperti matematikawan
karena integrasi disiplin ilmu pada pendekatan STEAM. Saran bagi penelitian
selanjutnya adalah penelitian ini hanya sebatas menganalisis literatur, namun
diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan menerapkan pendekatan
pembelajaran STEAM dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi
siswa sekolah dasar. Penelitian selanjutnya yang mungkin dapat juga dilakukan
adalah mengeksplor peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam
pendekatan pembelajaran lain.
Kata Kunci: STEAM. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Sekolah Dasar


Availability

T0900PD/ts T0900Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0900
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxi, 146 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this