No image available for this title

Text

Peran Ibu Bekerja Paruh Waktu di Pasar Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini : Studi Kasus Anak Usia 5-6 Tahun di Pasar Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan Jawa Timur / Tita Norma Gita



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ibu bekerja paruh waktu dalam menumbuhkan
kemandirian anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian adalah 2 ibu dan 2 anak. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
dokumentasi, wawancara, observasi, catatatan lapangan.teknik analisis data yang digunakan adalah
miles and huberman. Hasil penelitian ini ada berbagai fokus yang bisa di uraikan antara lain: 1) peran
ibu bekerja paruh waktu yakni ibu berperan sebagai pendidik bagi anak, ibu berperan sebagai
pemenuhan kebutuhan dasar bagi anak, 2) pola asuh ibu bekerja paruh waktu di pasar sekaran
yakni demokratis dan otoriter, 3) dimensi kemandirian anak usia 5-6 tahun antara lain mandiri secara
perilaku, mandiri secara nilai dan mandiri secara emosi, 4) faktor yang mempengaruhi kemandirian
anak usia 5-6 tahun yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor –faktor internal terdiri
faktor fisiologis atau jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dalam
hal kemandirian. Faktor psikologis yakni faktor kemampuan kognitif yang ada dalam diri
anak. faktor-faktor eksternal meliputi lingkungan, rasa cinta dan kasih sayangorangtua
kepada anaknya, gaya pengasuhan orangtua, faktor pengalaman dalam kehidupan yang di
lakukan oleh anak, 5) strategi ibu bekerja paruh waktu di pasar sekaran dalam menumbuhkan
kemandirian anak usia 5-6 tahun yakni Orangtua menerapkan pembiasaan pada anak merupakan
cara efektif dalam pembentukan kepribadian anak dapat dilakukan melalui pembiasaan.
Awalnya pembiasaan dapat dilakukan dari peniruan dan pengulangan yang dilakukan di
bawah bimbingan orangtua. Apabila dilakukan secara berkelanjutan maka akan menjadi
kebiasaan yang tidak dapat ditinggalkan. Kebiasaan yang dilakukan orangtua saat
menumbuhkan kemampuan kemandirian anak misalnya membiasakan anak bangun pagi,
membiasakan anak untuk tidak manja, membiaskan anak berangkat sekolah tepat waktu,
membiasakan anak untuk pergi dan pulang dengan sendiri,membiasakan anak tidak
bergantung pada orang lain, membiasakan anak membereskan kepentinganya sendiri,
membiasakan anak disiplin dengan waktu dan lain sebagainya selajutnya Orangtua
menerapkan komunikasi dan bimbingan pada anak. Kualitas hubungan antara orangtua dan
anak ditentukan oleh baik atau buruknya komunikasi. Anak usia dini memiliki rasa ingin tahu
yang kuat. Anak usia dini akan sering-sering bertanya kepada orangtua yang anak anggap
orangtua lebih tahu darinya. Apabila anak merasa didengarkan oleh orangtua akan merasa
nyaman. Hal tersebut membuat anak untuk menceritakan segala hal dan orangtua mampu
menyampaikan pesan kepada anak dan diterima dengan baik.
Kata Kunci : kemandirian anak, ibu bekerja paruh waktu di pasar


Availability

T0623PAUD/ts T0623Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T0623
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
167 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this