No image available for this title

Text

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan Memanfaatkan Media Audio-Visual sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur/ Ayuhel Letrik Marian



Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan media audio visual melalui tayangan-tayangan peristiwa yang terjadi di masa lampau sebagai sumber belajar sejarah, selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Diponegoro 1 Jakarta Timur, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk mencari dan menemukan makna dalam konteks yang sesungguhnya. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, sebagai alat pengumpul data seperti pedoman wawancara, kerangka kerja. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, bertindak sebagai informan kunci dan guru sejarah serta siswa sebagai informan inti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Analisis terdiri dari, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi, untuk selanjutnya di deskripsikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan media audio visual sebagai sumber belajar sejarah dikatakan cukup efektif. Artinya cocok digunakan selama masa pandemi covid-19, karena siswa mudah memahami, ketika pembelajaran sejarah menggunakan media audio visual, siswa mampu mengetahui materi sejarah bukan hanya lewat tulisan saja. Hal ini dilihat dari motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sejarah.


Availability

T0667PS/ts T0667Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T0667
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvi, 123 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this