No image available for this title

Text

Pengembangan Pembelajaran Peduli Lingkungan dengan Pembentukan Sikap Sebagai Nurturan Effect bagi Siswa Kelompok Ilmiah Remaja di SMP/ Hafidza Istianah



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah pembelajaran peduli lingkungan dengan pembentukan sikap sebagai nurturant effectbagi siswa kelompok ilmiah remaja di SMP, menguji kelayakan pembelajaran peduli lingkungan dengan pembentukan sikap sebagai nurturant effectbagi siswa kelompok ilmiah remaja di SMP, dan menguji efektifitas pembelajaran peduli lingkungan dengan pembentukan sikap sebagai nurturant effectbagi siswa kelompok ilmiah remaja di SMP.Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan Instruksional Atwi Suparman. Langkah-langkah pengembangannya yaitu mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional umum, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, merumuskan tujuan instruksional khusus, menyusun alat penilaian hasil belajar, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, menyusun desain dan melaksanakan evaluasi formatif.Uji kelayakan didapatkan dari evaluasi formatif oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Setelah dinyatakan layakmaka dilakukan uji efektifitas oleh 31 siswa Kelompok Ilmiah Remaja di SMP. Ahli desain pembelajaran memberikan masukan diantaranya tentang penempatan langkah-langkah model own it, learn it, share it dalam rancangan strategi pembelajaran. Ahli materi memberikan saran diantaranya tentang penambahan penjelasan tentang dampak minyak jelantah terhadap lingkungan dan kesehatan. Ahli media memberikan saran diantaranya untuk memperbaiki ukuran dan jenis fontuntuk keterbacaan. Setelah produk direvisi sesuai saran maka produk ini telah dinyatakan layak. Uji efektifitas oleh 31 siswa Kelompok Ilmiah Remaja di SMP menunjukkan adanya kejelasan, variasi, dan pencapaian hasil belajar yang tinggi sehingga termasuk dalam katagori pembelajaran yang efektif.Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah pembelajaran peduli lingkungan dengan pembentukan sikap sebagai nurturant effect bagi siswa kelompok ilmiah remaja di SMP yang telah teruji kelayakan dan efektifitasnya.Kata
kunci:Pengembangan, pembelajaran, sikap, nurturant effect, peduli lingkungan, KIR


Availability

T0643TP/ts T0643Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0643
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xi, 105 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this