No image available for this title

Text

Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Palangka Raya/ Ovi Monita



Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap
tentang pengaruh media pembelajaran multimedia (proyektor) menggunakan video,
gambar fotografi dan tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar bahasa Indonesia
siswa. Pengambilan sampel dari penelitian menggunakan teknik simple random
sampling yaitu sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester awal
tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
eksperimen design by level 2x2 dengan perhitungan menggunakan anava dua jalur dan
uji lanjutan tukey. Berdasarkan hasil analisis varians dua jalur skor rata-rata media
pembelajaran multimedia (ῩA1 = 17,00) lebih tinggi daripada skor rata-rata media
pembelajaran gambar fotografi (ῩA2 = 16,00), yang menyatakan bahwa rata-rata hasil
belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan multimedia lebih
tinggi dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan
gambar fotografi. Pada nilai Sig. untuk interaksi baris A * B adalah 0,000; kurang dari
0,05 maka H0 ditolak sehingga H1 diterima, yang artinya terdapat interaksi antara media
pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar Bahasa Indoenesia siswa.
Skor rata-rata siswa yang memiliki tingkat kemampuan awal tinggi dan diajar dengan
menggunakan multimedia (ῩA1B1 = 19,17) lebih tinggi daripada skor rata-rata siswa
yang memiliki tingkat kemampuan awal tinggi dan diajar dengan menggunakan
gambar fotografi (ῩA2B1 = 53,63) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Dan skor
rata-rata siswa yang memiliki tingkat kemampuan awal rendah dan diajar dengan
menggunakan multimedia (ῩA1B2 = 14,83) lebih rendah daripada skor rata-rata siswa
yang memiliki tingkat kemampuan awal rendah dan diajar dengan menggunakan
gambar fotografi (ῩA2B2 = 17,22) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Dan dari
hasil perhitungan statistiknya menyatakan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pengunaan media pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil
belajar siswa kelas V SDN 1 Kereng Bangkirai Paalangka Raya.
Kata Kunci: Media pembelajaran, kemampuan awal, hasil belajar, multimedia,
gambar fotografi, video, menyimak, bahasa Indonesia, sekolah dasar.


Availability

T0653PD/ts T0653Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0653
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 219 hlm. : ilus. ; 29,5cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this