Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Alat Peraga Kecepatan Jarak dan Waktu Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar/ Fani Dwi Arini
Penelitian ini mengembangkan alat peraga pembelajaran matematika materi jarak,kecepatan, dan waktu. Pembuatan alat peraga ini berdasarkan kebutuhan pembelajaran inovatif,kebutuhan siswa, dan hasil penelitian terdahulu tentang permasalahan kesulitan belajar materi kecepatan,jarak, dan waktu.Hasil observasi awal kebutuhan akan adanya alat peraga ini ditemukan pada materipembelajaranmatematika tentang jarak, kecepatan, dan waktu membutuhkan alat peraga yang tepat. Alat peragayang dikembangkan dirancang semenarik mungkin agar dapat meningkatkan pembelajaran secaramandiri di sekolah maupun di rumah. Alat peraga pembelajaran ini dibuat menarik dengan metodepermainan menggunakan mobil-mobilan jenis tamiya 4D yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.Metode penelitian dan pengembanganyang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). ADDIE merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran.Modelpengembangan ADDIEterdiri atas 5 tahap utama yaitu: adalah(1) menganalisis (2) desain (3)mengembangkan (4) menerapkan dan (5) mengevaluasi. Metode dan model ini dipilih karena bertujuanuntuk menghasilkan produk berupa alat peraga matematika menggunakan mobil-mobilan tamiya materi kecepatan, jarak, dan waktu. Produk yangdikembangkan kemudian diuji kelayakannya dengan validitas dan uji coba produk untuk mengetahuisejauh mana pengembangan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran menggunakan alat peragaalat peraga matematika pada materi kecepatan, jarak, dan waktu berbasis STEM. Hasil validasi ahli materi,ahli bahasa dan ahli media menunjukan hasil evaluasikualitas alat peraga oleh ahli materitergolong sangat baik
Availability
T0654 | PD/ts T0654 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0654
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
v, 105 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available