Record Detail
Advanced SearchText
Model Evaluasi Cipp (Context, Input, Process, Product) Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik/ Siti Paridah
Latar belakangpenelitian ini adalah model evaluasi CIPP merupakan salah satu model evaluasi yang komprehensif dilakukan di dunia pendidikan, serta adanya fenomena bullying. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model evaluasi CIPP pada pembelajaran tematik dan bagaimana guru dalam mengimplementasikan program PPK melalui pembelajaran temtatik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literature review. Hasil penelitian bahwa guru dalam mengimplementasikanprogram PPK melalui pembelajaran tematik dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan (kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir) dan evaluasi. Hanya saja pada setiap tahapan masing-masing sekolah memiliki kegiatan yang berbeda dan menanamkan nilai karakter yang berbeda juga. Hal tersebut disesuaikan dengan ciri khas, visi misi dan tujuan setiap sekolah, yaitu berdasarkan Sekolah berbasis agama Islam, Sekolah berbasis negeri dan Sekolah berbasis agama Kristen.Dalam pelaksanaan model evaluasi CIPP pada pembelajaran tematik dalam progaram PPK yaitu: 1) Komponen context aspek yang dievaluasi guruharus mampu memahami tujuan pembelajaran tematik dan kelengkapan dalampembelajarantematik; 2) Komponen input aspekyang dievaluasi RPPdan guru juga memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar; 3) Komponen processaspek di evaluasi berupa pelaksanaan pembelajaran tematik (pendahuluan,inti, penutup); 4) Komponen product meninjau hasil belajar peserta didiksudah memenuhi KKM Sekolah. sedangkan dalam melaksanakan model evaluasi CIPP pada program PPK perlu memperhatikan 1) komponen konteks aspek regulasi, profil sekolah, dan analisis kebutuhan; 2) tahap evaluasi masukan meliputi kepala sekolah, wali kelas, guru, program pendidikan karakter, peserta didik, kurikulum, sarana prasarana, orang tua, dan pembiayaan; 3) tahap Evaluasi Prosesterdiri dari kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan, kegiatan pembelajaran di kelas, dan kegiatan ekstrakurikuler; 4) tahap Evaluasi Produk meliputi nilai karakter ini adalah religius, nasionalis, mandiri, integritas, dan gotong royong.
Kata kunci: Model Evaluasi CIPP, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik.
Availability
T0656 | PD/ts T0656 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0656
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xi, 82 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available