No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Mata Pelajaran IPA dalam Menigkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar/ Angela Marietya Puspita



Studi literatur ini membahas tentang penerapan model pembelajaranberbasis proyek daur ulang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatifsiswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek daur ulang dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA pada siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR).Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal terindex google scholar, Shinta dan scopus, yang ada kaitannya tentang penggunaanmodel pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemudian dipilih, disajikan dan dianalisis serta diolah supaya ringkas dan sistematis. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan perbandingan data yang ditemukan.Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Analisis terhadap artikel ilmiah yang relevan menghasilkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran berbasis proyek. Hasil analisisstudi literatur menunjukkan bahwa: 1) Komponen-komponen model pembelajaran berbasis proyek yang berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui: (1) Melibatkansiswa secara langsung dalam pembelajaran, (2) Menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata, (3) Dilaksanakan dengan berbasis penelitian, (4) Melibatkan berbagai sumber belajar, (5) Bersatu dengan pengetahuan dan keterampilan, (6) Dilakukan dari waktu ke waktu, (7) Diakhiri dengan sebuah produk tertentu; 2) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan melalui beberapa tahap yaitu antara lain: (1) Guru memberikan penjelasan terkait kegiatanyang akan dilakukan, (2) siswa untuk bisa memilih, merancang proyek dan memimpin pikiran serta pekerjaannya sendiri, (3) mendeskripsi kualitas karya menggunakan instrumen penilaian proyek berupa lembar observasi, (4) guru mengontrol tiap tahapan-tahapan project based learningdalam aktivitas perilaku siswa dan membantu siswadalam proses pengembangan pembelajaran yang dialami siswa, 5) siswa menyampaikan kesimpulan umum dari hasil pembuatan proyek. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyekuntuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Implikasi pada studi literatur ini sebagai salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa dalam proses pembelajaran IPA dan meningkatkan produktivitas sekolah melalui peningkatan kualitas pembelajaran.


Availability

T0686PD/ts T0686Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0686
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 136 hlm, ilus. : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this