Record Detail
Advanced SearchText
Model Pengembangan Bahan ajar Tematik Terintegrasi E-Learning untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar/ APIT DULYAPIT
Tuntutan akan kemampuan literasi digitalsiswa perlu ditingkatkan mengingat permasalahan kehidupan semakin kompleks.Hal yang dapat dilakukandalam dunia pendidikan diantaranyadengan pengembangan bahan ajar yang disesuaikan dengan ilmu pengetahuan danteknologi. Tujuan penelitianiniadalah mengembangkanbahan ajar tematikterintegrasi e-learninguntuk meningkatkan kemampuan literasi digitalsiswa kelas IV Sekolah Dasar.Model pengembangan bahan ajardirancang dan dikembangkan melalui proses kajian teoritis yang mendalam dengan memperhatikan karakteristik siswa Sekolah Dasar.Menggunakan metodepenelitian R & D dengan pengembangan model Dick and Carey dan Model Hannafin&Peckyang dilakukan di Kota Depok Jawa Barat.Uji kelayakan dilakukan melalui validasi teoritis dan validasi empiris. Validasi teoritis dengan melibatkan tiga ahli yang memiliki karakteristik keilmuan yang berbeda sesuai keahliannya, didapatkan persentase penilaian rata-rata 80%.Validasiempiris dilakukanberdasarkan hasil penilaian guru denganmemberikan penilaian yakni 96,24% dan uji coba di tiga Sekolah Dasardengan dua tahapan yaitu uji coba one to one try outpersentase total 97,97% dan uji coba small gruppersentase total 96,23%. Hasilnya menunjukan bahwakelayakan model pengembangan bahan ajar berada dalam kriteria sangat baik.Uji efektivitas dilakukan melalui uji efektivitas praktis dan empiris. Uji efektivitas secara praktis maksudnya menguji model bahan ajar yang dikembangkan dengan membandingkan hasil pretest dan posttesttanpa melakukan uji tmengalami kenaikan rata-rata sebesar11,78%. Uji efektivitas secara empiris dengan uji eksperimenmenggunakan SPSS IBM Statistict 25. Hasilnyadapat disimpulkan bahwa menggunakan model pengembangan bahan ajar tematikmemberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasil belajar siswadan dapat meningkatkan kemampuan literasi digitalsiswa kelas IV Sekolah Dasar.Berdasarkan uraian tersebut bahanajar tematik yang dikembangkan tepat digunakanguru dan siswa baik pembelajaran luring maupun daring.
Kata kunci: Penelitian pengembangan, tematik, e-learning, literasi digital
Availability
D0582 | PD/ds D0582 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ds D0582
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xv, 265 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available