Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Instrumen Perilaku Perundungan Siswa (Bullying) Dengan Model Rasch/ Agus Suryana
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen perundungan siswa yang valid dan reliabel. Responden penelitian terdiri dari 1200 siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor terbagi ke dalam uji tahap pertama500 siswa dan uji tahap kedua 700 siswa. Uji validasi dilakukan secara teoretik dan empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap validasi empirik tahap satu diperoleh 2 butir misfit dan 3 butir misfit pada tahap kedua. Hasil uji reliabilitas person pada tahap satu sebesar 0,78 dan item 0,98 sedangkan pada uji reliabilitas pada uji coba tahap dua, reliabilitas person 0,77 dan reliabilitas item 0,99 . Selain itu reliabilitas person dan item secara keseluruhan sebesar 0,87 dan termasuk reliabilitas baik. Hasil penelitian tersebut juga menyimpulkan terdapat 3 dimensi dan 9 indikator dengan dengan 43 butir valid dan reliabel. Penerapan model Rasch, konstruk second order, terintegrasi dengan cyberbullying,serta aitem yang mempertimbangkan lokalitas menjadi kebaruan penelitian ini.
Kata kunci: Perundungan, pengembangan instrumen, Model Rasch
Availability
D0593 | PEP/ds D0593 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PEP/ds D0593
|
Publisher | Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
vii, 209 hlm. ; ilus ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PEP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available