No image available for this title

Text

Pengembangan Instrumen Perilaku Perundungan Siswa (Bullying) Dengan Model Rasch/ Agus Suryana



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen perundungan siswa yang valid dan reliabel. Responden penelitian terdiri dari 1200 siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor terbagi ke dalam uji tahap pertama500 siswa dan uji tahap kedua 700 siswa. Uji validasi dilakukan secara teoretik dan empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap validasi empirik tahap satu diperoleh 2 butir misfit dan 3 butir misfit pada tahap kedua. Hasil uji reliabilitas person pada tahap satu sebesar 0,78 dan item 0,98 sedangkan pada uji reliabilitas pada uji coba tahap dua, reliabilitas person 0,77 dan reliabilitas item 0,99 . Selain itu reliabilitas person dan item secara keseluruhan sebesar 0,87 dan termasuk reliabilitas baik. Hasil penelitian tersebut juga menyimpulkan terdapat 3 dimensi dan 9 indikator dengan dengan 43 butir valid dan reliabel. Penerapan model Rasch, konstruk second order, terintegrasi dengan cyberbullying,serta aitem yang mempertimbangkan lokalitas menjadi kebaruan penelitian ini.
Kata kunci: Perundungan, pengembangan instrumen, Model Rasch


Availability

D0593PEP/ds D0593Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0593
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
vii, 209 hlm. ; ilus ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this