Record Detail
Advanced SearchText
Pemikiran Buya Hamka Melalui Nasionalisme dacalam Pendidikan Islam di Indonesia 1964-1975/ Muhammad Panji Gozali
Penguatandan pembangunan bangsa, adalah peranan vital dari kekuatan nasionalisme. Terlebih nilai-nilai nasionalisme dalam kasad pendidikan ditengahhidup masyarakatyang majemuk danturut menjadi sarana peningkatan taraf hidup manusia,kemudiansemua tahu bahwa pemikiran Hamka sebagai seorang ulama dan penulis, juga memiliki peranan yang besar dalam konteks perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Melihat realitas yang ada, nilai-nilai nasionalisme bisa kita temukan dalam pemikiran Hamka tentang pendidikan Islam di Indonesia. Penelitianini menyajikanpemikiran serta relevansidari nilai-nilai nasionalisme dalam pendidikan Islam pemikiran Buya Hamkadi Indonesia.Penulis membatasi penelitian ini pada kajian tentang potensi nasionalisme dalam pendidikan Islam di Indonesia.Metode penelitian ini menggunakan metode sejarah:dimulai dari pengumpulan sumber, verifikasi atau kritik sejarah, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan sumber dilakukan dengan mencari data primer melaluikarya-karya yang ditulis langsung oleh Hamka dan wawancara, serta data sekunder berupajurnal,tesismaupun disertasi.Adapun teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teori tiga pilar nasionalisme menurut Achmad Fedyani Saifuddin:kesadaran kolektif identitas, kesadaran kolektif historis dan gerakan sosial bersama. Hasil penelitian ini merupakan temuan nilai-nilai nasionalisme dalam pendidikan Islam pemikiran Hamka,puncaknya melalui Tafsir Al-Azhar yang terwujud dalam bentuk Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar. Wujud implementasi yang relevanberupa penerapan IMTAQ(Iman dan Taqwa)dalam kurikulumpembelajaran menunjukkan bahwa cita rasa nasionalis atau cinta kebangsaanbisa didapat melalui pemikiranHamka,seorang ulama besar sekaligus tokoh yang terjun dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam, namun jarang terpikirkan oleh masyarakat Indonesiasebagai bangsa dalam memandang nilai-nilai nasionalismedalam pendidikan Islam.Tujuan lain dari penelitian ini adalah pentingnya nilai-nilai sejarah dan agama, dalam kebangsaan melalui tinjauan kritis Sejarah Pemikiran.
Kata Kunci: Hamka, Sejarah, Nasionalisme, Pendidikan Islam.
Availability
T0721 | PS/ts T0721 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PS/ts T0721
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2022 |
Collation |
iii, 133 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PS/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available