No image available for this title

Text

Manajemen Pemasaran Pendidikan Melalui Strategi Branding di SMP Islam Al Falaah Kota Tangerang Selatan/ Elsah Fanisyah



Jumlah lembaga pendidikan semakin banyak sehingga menyebabkan persaingan antara satu sama lainnya, dan menjadi suatu tantangan untuk dapat menarik minat calon peserta didik agar memilih lembaga pendidikannya. Oleh karena itu, lembaga pendidikan di tuntut untuk memenuhi kebutuhan sehingga memiliki keunggulan dan masyarakat dapat memilih jasa pendidikannya. Atas dasar tersebut, manajemen pemasaran pendidikan melalui strategi brandingmenjadi penting. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor dan mendeskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pada kegiatan pemasaran pendidikan melalui strategi branding di SMP Islam Al Falaah Tangerang Selatan.Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sumber data yang digunakan berupa hasil dari informan, dokumen, dan hasil observasi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analaisis data yang digunakan yaitu melakukan reduksi data, paparan atau penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan.Dalam penelitian ini data-data yang telah diperoleh diverifikasi dengan menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi konsep dan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikanmelalui strataegi brandingyang dilakukan oleh SMP Islam Al Falaah meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Pada perencanaan menggunakan strategi brand identitydan selanjutnya menentukan people (sumber daya manusia yang terlibat pemasaran pendidikan),process(proses perencanaan pemasaran pendidikan), dan strategyyaitu penentuan strategi pemasaran pendidikan apa yang akan digunakan. Pada pelaksanaan SMP Islam Al Falaah menggunakan strategi brand communicationyang mencakup brand visualizationdan brand activationuntuk membentuk brand imagesekolah. kemudian pengendalian pemasaran pendidikan dilakukan melalui pengecekan dan rapat untuk evaluasi melalui weekly meetingdan monthly meeting.
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Pendidikan, Strategi Branding


Availability

T0735MP/ts T0735Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T0735
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 193 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this