No image available for this title

Text

Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI di SMA ST.Fransiskus Ruteng - Nusa Tenggara Timur / Benediktus Risaldo Baeng



Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk pembelajaran berupa e-modul dengan pendekatankontekstual dalam pembelajaran sosiologin untuk siswa kelas XI SMA St. Fransiskus Ruteng. Prosedur pengembangan menggunakan modelDick and Carey’s yang terintegrasi dengan model Hannafin and Peck.Model pengembangan ini terdiri dari sepuluh (10) tahap yakni (1) mengidentifikasi tujuan instruksional, (2) melakukan analisis instruksional, (3) menganalisis karakter peserta didik dan konteks,(4) menulis tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi instruksional, (7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional, (8) mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, (9) merevisi pembelajaran,(10) mendesain dan melakukan evaluasi sumatif. Model Hannafin and Peck terintegrasi dalam tahap ke tujuh (7) dengan tiga tahap yakni (1) analisis kebutuhan, (2) desain dan (3) Pengembangan-implementasi. Uji kelayakan produk dibuat melalui penilaian ahli desain pembelajaran, ahli media dan ahli materi serta diujicobakan secara one to one dan kelompok kecil. Hasil penilaian menunjukanskor rata-rata ahli desain pembelajaran 3,25 ataubaik, ahli media 3,8atau sangat baik, dan ahli materi 3,7 yang berarti sangat baik. Penlaian ahli desain pembelajaran menunjukkan bahwa e-modul dapat menjadi sumber belajar yang membantu siswa memperoleh hasil sesuai tujuan pembelajaran. Penilaian ahli media menunjukkan kelayakan e-modul dari segi desain, grafisdan kompabilitas. Penlilaian ahli materi memperlihatkan kedalaman dan kelengkapan materi di dalam e-modul. Hasil uji coba kepada siswa menunjukan skor rata-rata uji coba one to onesebesar 3,43 atau baik dan uji coba kelompok kecil sebesar 3,74 atau sangat baik. Hasil ujicoba kepada pengguna menunjukkan bahwa e-modul dapat digunakan dengan baik dan dapat dipahami siswa dalam membantu belajar. Hasil uji efektivitas melalui tes sebelum (pre-test) dan tes setelah (post-test) penggunaan produk hasil pengembangan yang dihitung menggunakan aturan N-Gain Score menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 77%. Kesimpulan penelitian bahwa e-modul sosiologi berbasis kontekstual untuk siswa kelas XI SMA St. Fransiskus layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Availability

T0744TP/ts T0744Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0744
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 265 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this