No image available for this title

Text

Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar / Sonya Sinyanyuri



Literasi Sains merupakan salah satu kunci sukses menghadapi tantangan abad21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-bookinteraktif berbasis literasi sains sebagai media pembelajaran IPA SD kelas Vmateri jaring-jaring makanan. Pengembangan e-book interaktif berbasis literasi mengikuti tahapan model KempLangkah-langkah pengembangan terdiri dari: (a) menentukan materi pokok; (b) menentukan kompetensi dasar; (c) menentukan karakteristik siswa; (d) menentukan indikator pencapaian hasil belajar; (e) menentukan sumber/alat pembelajaran; (f) menentukan kegiatan pembelajaran; (g) menentukan tes hasil belajar.Rata-rata hasil penilaian dari ahli media, materi, dan bahasa adalah93%. Hasil uji coba produkone-to-onememperoleh nilai 89%, uji terbatas 92%, uji skala luas 87%, dan penilaian dari guru 86%, artinya semua penilaian berada pada kategori sangat layak.Pengujian efektivitas menggunakandesain one group pretest-posttestmenggunakan prosedur tes tdengan nilaisig atau p-value< 0,005 atau Ho ditolakartinyaterdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sesudah menggunakane-bookinteraktif berbasis literasi sains.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan e-bookinteraktif berbasis literasitelah valid, praktis, dan efisien sehingga layak digunakan untuk pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar.


Availability

T0740PD/ts T0740Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0740
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 153 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this