Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar / Sonya Sinyanyuri
Literasi Sains merupakan salah satu kunci sukses menghadapi tantangan abad21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-bookinteraktif berbasis literasi sains sebagai media pembelajaran IPA SD kelas Vmateri jaring-jaring makanan. Pengembangan e-book interaktif berbasis literasi mengikuti tahapan model KempLangkah-langkah pengembangan terdiri dari: (a) menentukan materi pokok; (b) menentukan kompetensi dasar; (c) menentukan karakteristik siswa; (d) menentukan indikator pencapaian hasil belajar; (e) menentukan sumber/alat pembelajaran; (f) menentukan kegiatan pembelajaran; (g) menentukan tes hasil belajar.Rata-rata hasil penilaian dari ahli media, materi, dan bahasa adalah93%. Hasil uji coba produkone-to-onememperoleh nilai 89%, uji terbatas 92%, uji skala luas 87%, dan penilaian dari guru 86%, artinya semua penilaian berada pada kategori sangat layak.Pengujian efektivitas menggunakandesain one group pretest-posttestmenggunakan prosedur tes tdengan nilaisig atau p-value< 0,005 atau Ho ditolakartinyaterdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sesudah menggunakane-bookinteraktif berbasis literasi sains.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan e-bookinteraktif berbasis literasitelah valid, praktis, dan efisien sehingga layak digunakan untuk pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar.
Availability
T0740 | PD/ts T0740 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0740
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2022 |
Collation |
xii, 153 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available