No image available for this title

Text

Penggunaan Sumber Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 48 Jakarta / Alfa Ardiansyah



Penelitianinibertujuanuntuk menjelaskanpenggunaan sumber sejarahdalampembelajaran. Berdasarkanfenomenayangmasihseringterjadidisekolah, masihbanyak guru hanya menggunakan buku teks sebagai acuan utamadan jarang menjelaskan sumber sejarah dari sebuah peristiwa. Padahal sebuah peristiwa sejarah dituliskan berdasarkan sumber atau buktiyang relevan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari sinididapatkan,bahwa penggunaan sumber sejarah dalam pembelajaransejarahdi SMA Negeri 48 Jakartasudah dilakukan. Sumber sejarah yang digunakan antara lain foto/gambar, video dokumenter, portal berita, serta buku (monograf). Kendala waktu dan perizinan menjadi kendala utama dalam penggunaan sumber sejarah. Hasil dari penggunaan sumber sejarah ini didapatkanbisalebih mendekatkan siswadengan peristiwayang telahterjadidan meningkatkan cara berpikir sejarah


Availability

T0738PS/ts T0738Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T0738
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvi, 207 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this