Record Detail
Advanced SearchText
Penggunaan Sumber Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 48 Jakarta / Alfa Ardiansyah
Penelitianinibertujuanuntuk menjelaskanpenggunaan sumber sejarahdalampembelajaran. Berdasarkanfenomenayangmasihseringterjadidisekolah, masihbanyak guru hanya menggunakan buku teks sebagai acuan utamadan jarang menjelaskan sumber sejarah dari sebuah peristiwa. Padahal sebuah peristiwa sejarah dituliskan berdasarkan sumber atau buktiyang relevan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari sinididapatkan,bahwa penggunaan sumber sejarah dalam pembelajaransejarahdi SMA Negeri 48 Jakartasudah dilakukan. Sumber sejarah yang digunakan antara lain foto/gambar, video dokumenter, portal berita, serta buku (monograf). Kendala waktu dan perizinan menjadi kendala utama dalam penggunaan sumber sejarah. Hasil dari penggunaan sumber sejarah ini didapatkanbisalebih mendekatkan siswadengan peristiwayang telahterjadidan meningkatkan cara berpikir sejarah
Availability
T0738 | PS/ts T0738 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PS/ts T0738
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2022 |
Collation |
xvi, 207 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PS/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available