No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Bintara Dasar Intelijen (Densus 88 AT) di Pusdik Intelijen Lemdiklat Polri / Yusdan Ibnuza Mahany



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak program Dikbangspes bagi peserta didikdan instansi tempat peserta didik bekerja, melalui pendekatan pendekatan kualitatifyang berupayauntuk mengungkapkan secara deskriptif terhadap evaluasi program sehingga memperoleh data yangobjektif untuk menilai ketercapaian program Dikbangspes Bintara Dasar Intelijen (Densus 88 AT). Data dan informasi berupa hasil wawancara, kuisoner, studi dokumentasi, analisis dokumen tentang program Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Bintara dasar intelijen (Densus 88 AT) Di PusdikIntelijenLemdiklat Polri akan diolah dan disajikan secara deskriptif dengan melakukan analisis menggunakan prosedur berdasarkan 4 (empat) tahapan evaluasi Kirkpatrick program yang meliputievaluasi: reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Hasil evaluasi reaksi (reaction), peserta menyatakan kepuasan terhadap kurikulum, pembelajaran, pendidik, sarana dan prasarana serta tenaga kependidikan pada Dikbangspes ini. Hasil belajar (Learning), terjadi peningkatan kompetensi yang dirasakan peserta sejalan dengan standar kompetensi yang telah digariskan oleh Lemdiklat Polri. Kemudian pada Hasil evaluasi perilaku (behavior) peserta Dikbangspes dapat disimpulkan bahwa semua alumni telah menunjukkan adanya perubahan perilaku secara positif yang sesuai dengan aspek-apek yang ditetapkan dalam kurikulum.Evaluasi atas hasil (result), mampu memberikan dampak atau hasil yang positif baik bagi peningkatan produktivitas kerja alumni dan membawa dampak positif bagi masyarakat.Implikasi dari penelitian ini perluMengevaluasi pengelolaan Dikbangspes untuk masa mendatang serta mengevaluasi secara berkalasetiap perkembangan peserta didik baik dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik, fisik maupunpsikologis peserta. Di era pandemi ini hal tersebut sangat penting karena sisi psikologis tentu akanberdampak pada penyerapan materi pembelajaran Dikbangspes.


Availability

T0750MP/ts T0750Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T0750
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 233 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this