No image available for this title

Text

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar / Novia Catur Wiji Asih



Penelitian ini berfokus pada pengembangan video pembelajaran IPA berbasis PBL dengan materi pelajaran perubahan wujud benda dan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebagai solusi atas permasalahan yang yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Cikini 02. Penemuan masalah tersebut telah dianalisa terkait pada kesulitan pemahaman konsep dalam pokok materi perubahan wujud benda. Penelitian ini adalah peneltian campuran, metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan yaitu dengan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementatiom, dan Evaluation). Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument tes dan non tes. Ujicoba yang dilakukan yaitu ujicoba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Dilakukan pretest sebelum ujicoba pada kelas ekspreimen dan posttest setelah selesai semua tahap ujicoba. Hasil perhitungan rata-rata nilai akhir, kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 67,58 dan rata-rata untuk kelompok eksperimen sebesar 86,33 dan memiliki nilai signifiknasi uji beda rata-rata sebesar 0,000


Availability

T0748PD/ts NOV 2022Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0748
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xi, 235 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this