No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Mobile Learning pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik/ LENI PEBRIANTIKA



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah model pembelajaran berbasis mobile learning pada Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, menganalisis kelayakan model dan menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis mobile learning pada Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development)yang mengkombinasikan model pengembangan dari Dick and Carey dan Hanafin Peck. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive kualitatif dan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir mahasiswa. Uji signifikan efektivitasmodel mobile learning pada mata kuliah perkembangan peserta didik menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian maka didapatkan nilai pre-test dan post-test mahasiswa denga rata-rata nilai pre test sebesar 75,48% dan posrt test 81,67%. Nilai ini diambil dari 21 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah perkembangan peserta didik. Untuk nilai Standar Deviasi pada pre-test sebesar 9, 341 dan post-test sebesar 11,106. Karena nilai rata-rata pre-test < post-test yaitu 75,48 < 81,67, maka artinya secara deskriptif terdapat perbedaan rata-rata nilai pre-test dan post-test hasil belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran bebrbasis mobile learning. Hasil uji-t didapatkan nilai Sig. (2-railed) sebesar 0,001 < 0,005. Nilai df adalah 20 maka nilai t-tabel adalah 2,085. Nilai t-hitung 3,924 > 2,85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test hasil belajar mahasiswa. Hasil menunjukkan signifikan artinya model pembelajaran berbasis mobile learning efektif untuk digunakan pada mata kuliah perkembangan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan tiga bentuk model yaitu: model konseptual, model prosedural dan model fisikal. Model fisikal terdiri dari: 1) aplikasi mobile PPD (Perkembangan Peserta Didik); 2) bahan ajar cetak; 3) panduan dosen; dan 4) panduan mahasiswa.


Availability

D0627TP/ds D0627Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0627
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 189 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this