Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Studi Spasial Efektifitas Linz Hydrographic Risk Assemeement untuk Pengembangan Alur Pelayanan di Kawasan Selat Gelasa pada Upaya Perlindungan di Kawasan Konservasi Perairan Daerah / Alin Abimanyu

No image available for this title
Sebagai salah satu kawasan penghubung antara Laut Jawa menuju wilayah Selat Malaka dan Laut Natuna Utara, Selat Gelasa menjadi salah satu kawasan lalu lintas laut tersibuk di Indonesia yang digunakan sebagai jalur utama pelayaran internasional yang melalui perairan Laut Cina Selatan, Selat Malaka menuju Selat Sunda. Namun,geomorfologi bawah laut perairan Indonesia yang beraneka ragam, memberikan kerentanan terhadap keselamatan pelayaran, terutama pada perairan yang sempit dengan adanya rintangan sebagai bahaya navigasi, berupaterumbu karang, kedangkalan,kerangka kapal, maupun bangunan buatan di laut. Penggunaan metode analisis spasial dalam memperoleh penilaian terhadap resiko keselamatan di laut telah dilakukan dalam berbagai model analisis baik yang mengacu pada aspek ekologi, hidrografi, maupun aspek sosial. Salah satu metode yang umum digunakan yakni melalui metode analisis spasial. metode ini menggunakan pendekatan terhadap penilaian risiko lingkungan laut melalui identifikasi tingkat paparan kerusakan terhadap lingkungan yang terjadi di wilayah pesisir dan belum secara langsung memperhitungkan aspek lalu lintas pelayaran. Land Information New Zealand(LINZ) mengembangkan Hydrography Risk Assessmentmelaluimetode geospasial untuk digunakan di kawasan laut. Metode ini menggunakan pendekatan penilaian informasi dengan tingkat risiko yang ditetapkan untuk setiap sel di dalam layer informasi. Metode LINZ dapat mengidentifikasi secara baik, potensi seluruh pengaruh kerusakan lingkungan yang disebabkan lalu lalu lintas kapal, kondisi lingkungandan geografisyang secara langsung berkontribusi terhadap pengaruh kerusakan lingkungan yang terjadi pada area konservasi.Perhitungan risiko LINZ menunjukkan bahwa, area Selat Gelasa memiliki tingkat prosentase risiko yang tinggi yang dipengaruhi oleh lalu lintas pelayaran sebesar 50%, kondisi cuaca 30%, CATZOC 18% dan pengaruh terhadap dampak lingkungan yang berpotensi sebesar 16%.Oleh karena itu analisis spasial menggunakan metode LINZ dapat berpotensi dalam pengembangan alur lalu lintas Selat Gelasa dengan memperhitungkan seluruh pengaruh kerusakan lingkungan yang disebabkan lalu lintas kapal, aspek lingkungandan geografis suatu perairan.
Availability
T0763ML/ts T0763Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

ML/ts T0763

Publisher

Prodi Magister Manajemen Lingkungan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

xvi, 134 hlm. : ilus. ; 29,5 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

ML/ts

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.