No image available for this title

Text

Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom Mata Pelajaran untuk DIKSPESPA Pendidikan di KODIKLATAL / Okti Cahyandari



Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran flipped classroompada mata pelajaran media pembelajaranuntuk Dikspespa Pendidikan di Kodiklatal yang layak dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE, yang meliputi lima tahap yaitu, analysis, design, development, implementation dan evaluation.Pada tahap desain diintegrasikan model PEDATI untuk merancang pembelajaran flipped classroomdan pada tahap implementasi untuk menerapkan pembelajaran flipped classroommengikuti alur PElajari –DAlami –Terapkan dan evaluasI. Uji kelayakan diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran yang kemudian diujicobakan kepada peserta didik dengan uji coba one to onedan kelompok kecil. Tingkat pencapaian kelayakan dari ahli materi memberikan nilai 90%, ahli desain pembelajaran memberikannilai 88%, sedangkan ahli media memberikan nilai 87%,sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga ahli menyatakan hasil pengembangan layak digunakan. Tahap selanjutnya adalah uji coba one to onekepada 3 org peserta didik diperoleh nilai rata-rata 91% dan ujicoba kelompok kecil kepada 8 orang dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 90,5%. Berdasarkan hasil reviewkelayakan dari ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran serta hasil ujicoba one to onedan hasil uji coba kelompok kecil, maka pembelajaran flipped classroompada mata pelajaran media pembelajaran layak digunakan. Hasil analisis data pre testdan post testterhadap 20 peserta didik menunjukkan bahwa hasil belajar secara rata-rata kelas meningkatsebesar 76,08 % yang membuktikan bahwa pembelajaran flipped classroomini efektif. Efisiensi waktu yang digunakan dalam lembaga pendidikan dapat dilihat dari perubahan waktu pada waktu pelaksanaan sebesar 40% dari waktu sebelumnya.


Availability

T0761TP/ts T0761Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0761
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xxv, 187 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this