No image available for this title

Text

Pembelajaran Berpikir Kritis dalam Menulis Esai Argumentatif Mahasiswa (Penelitian Analisis Isi Kualitatif di ProdiPendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Wiralodra) / Nasori Efendi



Penelitian kualitatif ini tentang pembelajaran berpikir kritis dalam menulis esai argumentatif mahasiswa (penelitian analisis isi kualitatif di prodipendidikan bahasa Inggris FKIP Universitas Wiralodra). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara rinci dan mendalam pembelajaran berpikir kritis dalam menulis esai argumentatif mahasiswa dengan fokus: 1) Representasi berpikir kritis,yang mencakup elemen-elemen dan pola-pola berpikir kritis,dalam tulisan esai argumentatif mahasiswa; 2) Kemampuan berpikir kritis,yang mencakup tingkat dan jenis-jenis berpikir kritis,dalam tulisan esai argumentatif mahasiswa; 3) Pengembangan berpikir kritis,yang mencakup persepsi, masalah dan tantangan yang dihadapi, serta strategi pemecahan masalah, dalam menulis esai argumentatif. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif yang berbagi fitur dengan pendekatan makna tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen teks, kuesioner terbuka, dan wawancara. Data yang diperoleh adalah 91 teks esai argumentatif dari partisipan mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris dan 13 teks wawancara. Data dianalisis denganbantuan piranti lunak NVivo 12 Plus. Hasil-hasil penelitian kualitatif ini mengungkap deskripsi pola-pola model mental/mindsetyang didasarkan pada elemen-elemen argumen logis dalam thesis statement, berpikir dengan penalaran sistematis dalam menyampaikan pendapat dan memperkuat argumen, berpikir analitis dan evaluatif dalam mengidentifikasi fenomena dan isu yang berkembang, berpikir dengan sikap kritis dalam mengambil keputusan, dan berpikir dengan strategi penyelesaian masalah yang tepat; deskripsi jenis-jenis dan tingkat berpikir kritis mahasiswa dari berpikir tingkat rendah, berkembang, hingga berpikir tingkat tinggi; deskripsi masalah dan tantangan yang dihadapi mahasiswa; serta deskripsi strategi pemecahan masalah pengembangan berpikir kritis mahasiswa dalam menulis. Dari hasil-hasil penelitian kualitatif ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran berpikir kritis dalam menulis esai argumentatif mahasiswa membutuhkan pengalaman belajar yang kompleks, serta bimbingan pembelajaran berpikir kritis dalam menulis yang luas dan sungguh-sungguh yang mendukung mindset(model mental) dan pemahaman substansial berpikir kritis untuk dapat mewujudkan berpikir kritis yang lebih baik yang direpresentasikan dalam bentuk tulisan.


Availability

D0642LT/ds D0642Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0642
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 211 hlm. ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this