No image available for this title

Text

Pengembangan E-Mentoring Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyelenggarakan Blended Learning di Satuan Pendidikan Kerjasama BPK Penabur / Nelly



Proses pembelajaran blended dapat terlaksana secara efektif dan efisien serta mencapai hasil yang diharapkan apabila guru yang menerapkannya memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Salah satu aspek pedagogik yang dimaksud adalah kompetensi guru menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mendidik, Penelitian ini bertujuan menghasilkan program e-mentoringyang diharapkan layak digunakanpada upayapengembangan kompetensi pedagogik guru khususnya terkait pelaksanaan kegiatan pembelajaran blended.Metode penelitian yang diterapkan adalah Research & Development. Langkah-langkahyang diterapkan peneliti,mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan yang diperkenalkan oleh Dick & Carey. Pada tahap ke enam, saat mengembangkanstrategi instruksional penelitimengintegrasikandan memodifikasi sebuah model e-mentoringyaitu DARP (Discuss, Archive, Refleft, Prepare) yang digagas oleh Tisdell dan Shekhawat (2019). Model ini menentukan bagaimana sintak atau alur aktifitas mentoring dijalankan. Desain oleh peneliti menjadikan Preparesebagai langkah di awal siklus.Berdasarkan hasil evaluasi formatifoleh ahli desain, ahli media, ahli materi dan pengguna, maka diperoleh informasi bahwa produke-mentoringyang dikembangkan akhirnya dinyatakan layak untuk dipergunakan. Sementara itu setelahdilaksanakanuji lapangan, dilaksanakan penilaianefektifitas e-mentoringsecara terbatas melalui observasi dan diperoleh hasil yang mendeskripsikan bahwasanya e-mentoringyang diterapkan cukup efektif mengembangkan kompetensi pedagogik guru dalam menyelenggarakan blended learning.Meskipunhasil pengembangane-mentoringtelah dianggap layak dan cukup efektif, namunmasih terdapat beberapa keterbatasan selamapenelitian berlangsung, dan kelemahanteknis saat pelaksanaan uji coba. Dengan demikian peneliti merekomendasikan adanya penelitian lanjutan untuk memeriksa efektifitas e-mentoringsecara lebih seksama, terbuka peluang untuk mengembangkan dan menerapkan desain e-mentoringdengan konteks, teknologi, atau tujuan yang berbeda.


Availability

T0759TP/ts T0759Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T0759
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xiv, 171 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this