No image available for this title

Text

Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada / Pringgo Mardesia



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh gaya mengajar inklusi, self check, komando dan motivasi belajar terhadap keterampilanrenang gaya dada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan ulang faktorial 2 x 3. Gaya mengajar adalah perlakuan yang diberikan pada mahasiswasebagai variabel bebas, motivasi belajar sebagai variabelatribut, sedangkan keterampilanrenang gaya dadamerupakan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa. Program Studi PJKR FIK UNP angkatan 2018/2019yang memprogramkan mata kuliah renangdasar, sebanyak 134orang.Sampel sebanyak 48 orang diambil denganteknik Randomized group design. Pengumpulan data keterampilanrenang gaya dada diambil dengan mengunakan analisis renang gaya dada dan motivasi belajar digunakan angket. Data keterampilanrenang gaya dada yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial ANAVA 2 x 3 dua jalur (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi dari hasil penelitian menunjukan bahwa; (1). Secara keseluruhan, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusi, self check, dan komandoterhadap keterampilanrenang gaya dada, (2). Terdapat interaksi antara pengaruh gaya mengajar dengan keterampilanrenang gaya dada, (3). Bagi mahasiswayang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusidan komandoterhadap keterampilanrenang gaya dada, (4) Terdapat pengaruh interaksi antara gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap keterampilan renang gaya dada, (5). Bagi mahasiswayang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusi dan self check terhadap keterampilanrenang gaya dada.(6). Bagi mahasiswayang memiliki motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar self checkdan komandoterhadap keterampilanrenang gaya dada. (7). Bagi mahasiswayang memiliki motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inkjlusidan komando terhadap keterampilanrenang gaya dada,(8). Bagi mahasiswayang memiliki motivasi belajar rendah, tidak terdapat perbedaan gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar inklusi dan self check terhadap keterampilanrenang gaya dada. (9) Bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, tidak terdapatperbedaan antara gaya mengajar inklusidan self check terhadap keterampilanrenang gaya dada, (10). Bagi mahasiswayang memiliki motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pengaruh gaya mengajar yang signifikan antara gaya mengajar self check dan komando terhadap keterampilanrenang gaya dada.


Availability

D0659PENJAS/ds D0659Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ds D0659
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xv, 240 hlm. : ilus. ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this